4 Cara Alami Memperbanyak Asi

Memperbanyak ASI sebetulnya bisa dilakukan dengan mudah jika anda tahu cara tepatnya. Oleh karena itu, anda para ibu tidak perlu khawatir jika produksi asinya kurang karena produksi ASI dapat dengan mudah ditingkatkan dengan tips-tips berikut ini.

Air putih

Air adalah dasar dari kehidupan. Oleh karena itu minum banyak air akan sangat bermanfaat bagi tubuh. Anda sebetulnya bisa minum air apa saja untuk mencukupi kebutuhan anda akan air. Akan tetapi perhatikan kandungan lain yang ada dalam air yang anda minum, jika anda minum air teh atau kopi akan ada zat lain yang mempengaruhi tubuh anda.

Mungkin caffein atau juga gula yang akan membuat anda menjadi kurang sehat seperti gula darah naik dan juga masalah kesehatan yang lainnya. Oleh karena itu konsumsi air putih merupakan salah satu hal yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Air putih sesungguhnya bukan hanya penting untuk ibu yang sedang menyusui.

Orang pada umumnya juga membutuhkan asupan air putih yang cukup agar dirinya menjadi lebih sehat. Akan tetapi ibu yang menyusui tentunya membutuhkan lebih banyak air putih dibandingkan dengan orang pada umumnya.

Hal ini disebabkan karena saat ini ada 2 orang yang membutuhkannya sehingga anda perlu menambah jumlah air yang masuk ke dalam tubuh anda. Jadi, jika anda pada hari biasa anda tidak begitu banyak mengonsumsi air putih maka konsumsi lebih banyak air putih pada saat anda hamil dan menyusui. Konsumsi air putih yang cukup merupakan cara alami memperbanyak asi yang paling mudah untuk anda terapkan.

Makanan bernutrisi tinggi untuk menyusui

Selain minum air putih, anda juga perlu mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki nutrisi yang tinggi untuk meningkatkan produksi ASI anda. Makanan dengan nutrisi yang tinggi ini antara lain adalah makanan yang memiliki kandungan vitamin dan juga mineral yang tinggi.

Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi tersebut bisa ditemukan dengan mudah ketika anda mengonsumsi sayuran dan juga buah-buahan. Sayuran dan juga buah-buahan memang makanan yang terkenal dengan kandungan vitamin dan juga mineralnya yang tinggi sehingga penting untuk membantu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang lebih untuk ibu yang hamil dan juga menyusui.

Proses yang dilakukan oleh tubuh sebelum melahirkan juga merupakan proses yang sangat penting untuk menentukan produksi ASI anda setelah melahirkan. Oleh karena itu konsumsi makanan bernutrisi ini tidak hanya baik dilakukan setelah melahirkan, anda yang sendang hamil sebaiknya juga memperbaiki pola makan anda dan memberikan makanan-makanan yang baik dan bernutrisi tinggi untuk tubuh anda agar tubuh anda siap.

Selain vitamin dan juga mineral, ada jenis nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh yang bisa digunakan sebagai cara alami memperbanyak ASI ia adalah kandungan asam lemak tak jenuh. Untuk anda yang ingin meningkatkan produksi asinya, anda juga perlu mengonsumsi makanan yang memiliki kadungan asam lemak tak jenuh ini. Untuk mendapatkan asam lemak tak jenuh ini anda bisa melakukannya dengan mengonsumsi makanan dari biji-bijian. Edamame dan juga kacang almond merupakan pilihan yang baik untuk meningkatkan kandungan tersebut dalam tubuh anda.

Makanan yang baik untuk meningkatkan produksi ASI ini biasanya juga memiliki kandungan-kandungan lain yang baik untuk meningkatkan kualitas ASI. Seperti semangka. Semangka adalah salah satu buah berair yang memiliki kandungan vitamin yang lengkap. Selain vitamin, semangka juga memiliki kandungan asam folat yang sangat baik untuk kualitas ASI yang anda produksi.

Hindari stress dan depresi

Selain makanan dan juga minuman, kondisi mental juga merupakan hal yang sangat penting ketika anda ingin meningkatkan produksi ASI dalam tubuh anda. Kondisi mental yang sehat akan membantu tubuh untuk memproduksi ASI dengan lebih lancar oleh karena itu sebaiknya hindarilah stress dan juga masalah yang membuat anda menjadi terdistraksi. Lakukan kegiatan-kegiatan yang menstimulasi rasa dahaga anda dan hindari konflik. Dalam hal ini dukungan lingkungan keluarga dan juga suami akan sangat penting untuk membantu menghindarkan rasa stress pada ibu yang sedang menyusui.

Selain menghindari rasa stress, cara alami memperbanyak ASI dengan menghalau rasa stress ini juga bisa dilakukan dengan memperbanyak konsumsi buah pepaya. Buah pepaya merupakan buah yang dihindari pada saat hamil. Akan tetapi buah ini merupakan buah yang sangat baik untuk dikonsumsi pada saat menyusui. Bukan hanya karena kandungan vitamin dan juga mineralnya.

Selain kandungan vitamin dan mineral yang dikandung, buah pepaya juga memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kalium ini merupakan salah satu komponen dari buah pepaya yang sangat baik untuk mengurangi potensi stress dan juga depresi. Kandungan kalium yang ada di dalam buah pepaya ini juga sangat tinggi, lebih tinggi dari kandungan kalium dalam buah jeruk.

Hal inilah yang menyebabkan buah pepaya menjadi salah satu buah yang sangat baik untuk dikonsumsi setelah melahirkan. Selain buah pepaya, kandungan kalium yang tinggi ini juga bisa ditemukan dalam buah semangka. Jadi untuk melengkapi usaha anda untuk meningkatkan produksi ASI, sebaiknya konsumsi buah semangka atau buah pepaya untuk mengurangi rasa stress anda agar produksi ASI menjadi lancar.

Melakukan hubungan intim dengan pasangan

Seperti disebutkan sebelumnya, stress dan juga depresi merupakan salah satu hal yang wajib untuk dihindari ketika sedang memberikan ASI eksklusif pada anak anda. Sebetulnya mengapa rasa stress dapat menghambat produksi asi? Rasa stress merupakan salah satu hal yang menghambat produksi ASI karena keberadaannya menyebabkan hormon oksitosin menurun.

Hormon oksitosin adalah sebuah hormon yang menyebabkan seseorang menjadi bahagia. Hormon inilah yang diperlukan untuk ibu yang sedang menyusui agar produksi asinya tinggi. Oleh karena itu selain makan makanan untuk mengurangi potensi stres, anda juga perlu makanan yang meningkatkan produksi oksitsin dan juga melakukan hal-hal yang dapat membantu meningkatkan produksi hormon tersebut.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hormon oksitosin tersebut adalah dengan melakukan hubungan intim dengan pasangan anda. Hal ini bisa menjadi salah satu cara alami memperbanyak ASI dan mudah untuk dilakukan. Tapi pastikan anda melakukan hubungan tersebut dengan pasangan anda setelah masa idah anda selesai.

Jadi cara alami memperbanyak ASI yang perlu diperhatikan oleh ibu menyusui sebetulnya bukan hanya makanan dan juga asupan lain yang masuk dalam tubuh ibu. Kondisi mental ibu juga merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan supaya produksi ASI anda menjadi lebih lancar.

Jika anda sudah melakukan hal-hal diatas tapi produksi masih belum lancar, mungkin anda bisa mencoba menggunakan suplemen-suplemen penambah ASI yang bisa anda temukan dengan mudah di pasaran. Tapi sebelum menggunakannya, pastikan suplemen-suplemen ini aman dan alami setelah anda melihat komposisi dan juga nomor POM yang dimiliki oleh produk tersebut untuk menjamin keamanannya.